Monday, March 10, 2014

Beasiswa ILA Bagi Lulusan MA Tahun 2014

 

 



Beasiswa ILA Bagi Lulusan MA Tahun 2014~Kabar gembira bagi siswa/siswi lulusan Madrasah Aliyah (MA), Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam memberikan kesempatan kepada lulusan MA tahun pelajaran 2013/2014 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana starata 1 (S1) di perguruan tinggi diluar negeri melalui program beasiswa Indonesian Leadership Awards (ILA) 2014, hal ini disampaikan oleh Direktur Pendidikan Madrasah Nur Kholis Setiawan pada Jumat, 7/3 kemarin di Jakarta.

ILA adalah program beasiswa reguler bagi llulusan MA untuk melanjutkan pendidikan di Universitas terbaik di dunia. ILA dan Direktorat Pendidikan Madrasah bekerjasama dengan lembaga Nan-Unggul Indonesia (LNI) dan Institute For Indonesia Future Excellent (IIFE).

Adapun persyaratan untuk dapat mengikuti beasiswa ILA 2014 ini adalah sebagai berikut :
  1. Sehat jasmani dan rohani.
  2. Bebas narkoba.
  3. Khusus bagi siswa/siswi MA lulusan tahun 2013, nilai rata-rata U.N. Matematika, Fisika, Kimia, Biologi > 8 (Kelompok A1, A2) dan Nilai rata-rata U.N. Matematika, Geografi, Ekonomi, Sosial > 8 (Kelompok B).
  4. Khusus bagi siswa/siswi yang akan lulus 2014, Nilai raport kelas II : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi > 8 (Kelompok A1, A2) dan Nilai raport kelas II : Matematika, Geografi, Ekonomi, Sosial > 8 (Kelompok B).
  5. Umur tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 Oktober 2014 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1993).
  6. Untuk peserta yang akan studi lanjut ke luar negeri: memiliki nilai TOEFL/IELTS (TOEFL/IELTS International Test di lembaga penyelenggara International Test) yang masih berlaku atau sedang memproses nilai TOEFL/IELTS.
  7. Memiliki nilai minimal TOEFL IBT 80 atau TOEFL PBT 550 atau IELTS 6,0.
  8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  9. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  10. Bersedia mematuhi peraturan dari Kementerian Agama RI dan universitas partner.
  11. Bersedia menandatangani Surat Kontrak Beasiswa bagi yang dinyatakan lulus seleksi.
Perguruan tinggi yang akan menyelenggarakan indonesian Leadrship Awards ini merupakan perguruan tinggi yang ternama di dunia. Adapun perguruan tinggi dan program studi yang ditawarkan pada program beasiswa ILA tahun 2014 ini adalah sebagai berikut :

Bagi siswa kelompok program A-1 (Fisika), dapat memilih program studi dari pilihan berikut ini :
  • Teknik Sipil, Kyoto University
  • Teknik Mesin dan Aerospace, Tohoku University
  • Program studi sains dan teknologi di universitas Turki (Middle East Technical University, Istanbul University, Ankara University) (peminat harap mengikuti sendiri prosedur pendaftaran dan ujian masuk yang diselenggarakan oleh universitas di Turki).
Bagi siswa kelompok Program A-2 (Biologi), dapat memilih program studi dari pilihan berikut ini :
  • Kimia Material/Molekular, Tohoku University
  • Biologi Kelautan, Tohoku University
  • Program studi sains dan teknologi di universitas Turki (Middle East Technical University, Istanbul University, Ankara University) (peminat harap mengikuti sendiri prosedur pendaftaran dan ujian masuk yang diselenggarakan oleh universitas di Turki)
Bagi siswa kelompok Program B (Sosial-Ekonomi), dapat memilih program studi dari pilihan berikut ini :
  • Social Sciences (International Relations & Peace Studies, Environment & Development, Culture-Society and Media) (Ritsumeikan Asia Pacific University)
  • International Management (Accounting & Finance, Strategic Management & Organization, Innovation & Economics) (Ritsumeikan Asia Pacific University)
Prosedur Pendaftaran beasiswa ILA 2014 ini adalah sebagai berikut :
  1. Calon peserta mendownload formulir pendaftaran online di website Kementerian Agama RI (www.kemenag.go.id) atau website Lembaga Nan Unggul Indonesia (www.beasiswaunggul.org) mulai tanggal 18 Februari 2014 s/d 15 Maret 2014.
  2. Calon Peserta kemudian mengisi Formulir online dengan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  3. Calon peserta membayar biaya seleksi ke rekening Yayasan Nobel Indonesia (No. Rekening 102-00-0539082-5, Bank Mandiri cabang Jakarta Senayan City) melalui Setoran Tunai atau ATM.
  4. Calon Peserta mengirim bukti pembayaran melalui email ke alamat :
    nobel.indonesia@gmail.com dan di cc ke nobel.indonesia@suryainstitute.org atau melalui
    fax ke nomor fax (021) 5316 2197, selambat-lambatnya 15 Maret 2014 pukul 17.00
    WIB.
  5. Panitia akan mengirim kartu peserta seleksi melalui email peserta selambat-lambatnya 20 Maret 2014 pukul 16:00 WIB.
Untuk informasi yang lebih detil dan terperinci, silahkan unduh panduan program beasiswa ILA tahun 2014 melalui link berikut ini http://kemenag.go.id/file/file/InfoPenting/qtkb1393982903.pdf.
Jadi bagi adik-adik alumni MA yang berprestasi dan berminat untuk melanjutkan jenjang pendidikan S-1 ke perguruan tinggi di Luar negeri, tunggu apa lagi, segera baca panduan program ini dan mendaftar sekarang juga. Demikian, semoga bermanfaat.

Sumber :http://kemenag.go.id/index.php?a=artikel&id=23649.

No comments:

Post a Comment

Informasi Terkini Beasiswa Bidikmisi

DISAIN RUMAH UNTUK ANDA