Monday, April 7, 2014

Pendaftaran Beasiswa Presiden RI Ditutup 20 April 2014

 

 

Jakarta, Kemdikbud --- Beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI) merupakan salah satu bentuk Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Tahun 2014 ini menjadi tahun pertama penyelenggaraan BPRI, dan mensyaratkan calon pelamar harus terlebih dahulu diterima di 50 perguruan tinggi terbaik di dunia. Pendaftaran BPRI akan ditutup pada 20 April 2014.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, Beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI) hadir sebagai salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi. Ia menjelaskan, APK perguruan tinggi dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat. Pada tahun 2004, APKnya mencapai 17,5%, lalu naik menjadi 21,8% pada tahun 2009, dan terakhir naik menjadi 29,9% pada tahun 2013.

“Ini (BPRI) juga berangkat dari bonus demografi,” katanya saat jumpa pers di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (1/04/2014).

Dikatakannya, pada rentang tahun 2005-2035 Indonesia mengalami lonjakan populasi usia produktif. Tanpa percepatan, target APK perguruan tinggi sebesar 75% akan bisa dicapai pada tahun 2050. Sedangkan dengan adanya percepatan, target tersebut diperkirakan akan bisa dicapai pada tahun 2030. Karena itu pemerintah meluncurkan BPRI untuk mendukung percepatan dalam mencapai target itu.

Selain memiliki program BPRI, Beasiswa Pemerintah Indonesia (BPI) juga memiliki program beasiswa afirmasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa Bidikmisi. “Khusus lulusan Bidikmisi yang nilainya bagus, bisa melanjutkan ke S2 dan S3 dengan beasiswa afirmasi ini,” ujar Mendikbud.

BPRI dan beasiswa afirmasi lanjutan untuk mahasiswa Bidikmisi dikelola LPDP dengan menggunakan dana pengembangan pendidikan nasional (DPPN). DPPN merupakan alokasi anggaran pendidikan dalam APBN yang diperuntukkan bagi pembentukan dana abadi pendidikan untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi berikutnya sebagai pertanggungjawaban antargenerasi.

“Ini merupakan estafet yang baik antargenerasi,” pungkas Mendikbud.
Peluncuran BPRI akan dilakukan secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu, 2 April 2014, di Istana Negara. Untuk pendaftaran dan informasi mengenai BPRI, bisa dilihat di laman http://www.lpdp.depkeu.go.id/beasiswa/.

No comments:

Post a Comment

Informasi Terkini Beasiswa Bidikmisi

DISAIN RUMAH UNTUK ANDA